× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

Business

Raup Jutaan Rupiah Setiap Minggu dari Dekorasi Pesta

Majels Yani   09 February 2017 09:38

News

majels.com - Ide bisnis bisa muncul darimana saja, ada yang memang direncanakan atau muncul begitu saja untuk diwujudkan. Biasanya ide bisnis muncul dari pengamatan terhadap suatu hal dan bagaimana hal tersebut bisa menjadi sebuah usaha yang menguntungkan. Tinggal bagaimana melihat peluang dan bagaimana kemampuan diri sendiri untuk menggapainya.

Setidaknya hal tersebut telah dirasakan oleh pasangan Khoerul Umam dan Nitari Zelfia. Seperti kebanyakan lulusan baru dari perkuliahan banyak yang bingung akan bekerja atau membuat sebuah usaha. Umam dan Nitari juga merasakan hal yang sama. Setelah lulus rasanya tidak enak masih meminta pada orang tua. Hingga akhirnya mereka memilih untuk memilihbuka usaha sendiri yaitu party planner.

Ikut Lomba

Dalam menjalankan usaha tentu memerlukan modal, tetapi pada saat itu mereka mengaku tidak memilikinya sama sekali. Mereka putar otak bagaimana mendapatkan modal untuk memulai usahanya.Mereka kemudian mencoba bisnis jual beli ayam online. Namun setelah dihitung-hitung mereka membutuhkan setidaknya Rp10 juta rupiah untuk modal awalnya. “Karena tidak ada modal, jadi kami tunda dulu niat itu.” Mereka pun berganti dengan berjualan stiker pada hari minggu yang sudah dilakukan sejak lama. “Tetapi namanya berjualan kadang tidak ada yang beli. Tapi kami tetap mencoba sabar.”

Kesempatan muncul saat melihat ada perlombaan membuat foto di sebuah warung makan dengan hadiahkamera action. Meski hanya memiliki uang pas-pasan mereka tetap pergi ke rumah makan untuk berfoto. “Kami hanya mampu membeli menu paling murah di rumah makan itu,” ujar Umam mengenang.  Walau bukan menu mahal, mereka menyiasatinya dengan menata mejanya sedemikian rupa agar terlihat  menarik. Mereka tidak hanya membuat foto tapi juga video yang diberi caption untuk lomba tersebut. Salah satu kriteria menang adalah dengan banyaknya yang suka di sebuah media sosial. “Kami kontak semua teman-teman dan kenalan supaya like dan memberi komentar.” Tak sia-sia, akhirnya mereka memenangkan lomba tersebut dan mendapatkan kamera action.

Cara lain yang mereka tempuh adalah dengan rajin melihat peluang  dari browsing internet. Kebetulan saat itu sebuah party planner mengadakan lomba dekorasi dengan hadiah peralatan dekorasi makan malam. Tak disangka mereka berhasil memenangkan namun pihak party planner meminta mereka membuat foto dengan hadiah tersebut di sebuah restoran. Masalah pun muncul karena lagi-lagi mereka tak memiliki dana. “Padahal tidak mungkin diizinkan kalau hanya mendekor saja tanpa membeli makanan.”Tak kurang akal, mereka meminta pada pihak party planner agar diperbolehkan membuat dekorasi untuk piknik. Awalnya tidak diizinkan tapi setelah bernegosiasi bahwa mereka sendiri yang akan mendekor dan mengambil barangnya, barulah disetujui. Akhirnya mereka melakukan piknik di sebuah perbukitan dengan dekorasi sendiri. “Dari situ kami baru tahu kalau dekorasi outdoor itu sangat susah, karena barangnya baru dipasang roboh kena angin dan kendala cuaca lainnya.”

Dengan berbekal kamera action yang di dapat dari lomba caption mereka mengabadikan momen piknik dengan hasil dekorasi sendiri. Hasil foto itu mereka simpan di akun path mereka dan menjadi portofolio mereka yang pertama. Dari situ lah muncul ide untuk membuka bisnis party planner.

Pasang Harga Murah

Mereka kemudian mewujudkan ide tersebut dengan membuat sebuah akun media sosial untuk usaha mereka. Awalnya mereka berpikir bagaimana membuat sebuah portofolio untuk usaha ini. Mereka menawarkan ke teman-teman terdekat dekorasi makan malam gratis. “Dari semua teman yang kita tawarkan, cuma satu yang mau untuk didekorasi pas makan malam.” Masalah kembali muncul ketika pada hari H nya mereka dikagetkan dengan harga menu di restoran itu. “Karena kami belum pernah makan di tempat mewah seperti itu,” Walau datang lebih awal dari janji ternyata untuk mempersiapkan semuanya butuh waktu hingga 2 jam. “Karena baru pertama kali kami dekorasi untuk makan malam itu, agak panik juga.”

Hasil dekorasi makan malam kali itu mereka letakan di halaman media sosial mereka. Taktik lain yang mereka gunakan adalah dengan harga dibawah pasaran. “Awalnya mereka hanya membuka usahanya untuk daerah di sekitar Bogor saja, namun setelah berjalan mereka membuka juga layanandi jadetabek.Dalam satu dekorasi mereka mematok harga Rp500.000 rupiah untuk wilayah Bogor dan ditambah Rp100.000 untuk luar Bogor sebagai tambahan untuk ongkos.

Mendapat Pesanan dari Artis

Bisnis party planner mereka tumbuh pesat setelah sebuah kejadian yang tak terduga. Waktu itu ada yang ingin menyewa jasa mereka dengan nama yang tertera di akunsebagai Bella. Tak disangka ternyata itu adalah nama panggilan artis Laudya Chintya Bella. Umam mengaku kaget bagaimana seorang artis bisa menemukan bisnis yang masih kecil tersebut. Namun ia tetap berusaha profesional. Setelah bernegosiasi, Bella ingin menggunakan jasa mereka tetapi dengan konsep golf. Mendengar konsep golf muncul keraguan di dalam diri mereka, karena mereka tidak pernah melakukan dekorasi dengan tema itu. Namun di sisi lain mereka tak ingin melepaskan kesempatan tersebut karena siapa tahu ini menjadi cikal bakal kemajuan usaha mereka. Mau tak mau mereka terpaksa jujur pada Laudya Cynthia Bella. “Kami jelaskan bahwa kami masih bisnis kecil dan kalau bisa dibayar dulu DP nya.” Beruntung sang artis kooperatif dan setuju dengan permintaan mereka.

Dari hasil dari proyek itu adalah meledaknya follower di akun media sosial mereka. “Awalnya cuma ratusan mendadak jadi ribuan.” Nitari dan Umam tentu saja merasa senang dan bangga usaha mereka menjadi dikenal. Seiring dengan hal itu, tak jarang mereka mendapatkan pelanggan aneh. “Ada artis yang mau pakai jasa kita tapi gratis, minta jadi endorse. Bukan tidak mau, tetapi usaha kami masih kecil jadi pilih yang bisa bayar saja.”

Meski begitu Nitari dan Umam mengaku masih belajar banyak dalam menjalankan bisnis ini. “Terkadang pengambilan keputusan juga penting karena kadang kita melepaskan yang pasti demi sesuatu yang tidak pasti.”Untuk lebih mengembangakn usaha, mereka tidak hanya mendekorasi untuk makan malam saja tapi juga menyediakan paket dekorasi untuk tasyakuran, baby shower, birthday party dan lainnya. Dalam seminggu kini bisnis tersebut mampu menghasilkan omzet hingga Rp3 juta. Sebuah hal yang tak pernah diduga sebelumnya. Berkat kerja keras dan kesabaran, akhirnya bisa memetik hasil kerja keras mereka. (teks:iwa/foto:reza)

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Yani

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09