web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

Franchise

Raup Untung Renyahnya Laba Crepes

Majels Syahid   01 March 2018 15:08

Franchise

Crepes merupakan camilan yang digemari banyak orang. Crepes juga dapat mengenyangkan dengan isian yang ditawarkan dan variasi rasa yang diinginkan. Bahan utamanya adalah terigutelursusumentega, dan garam. Bila biasanya crepes rasanya manis yang dan asin, Ahmad Jamal Fallakhi yang menyajikan menu crepes yang berbeda yakni sensasi rasanya yang pedas.

Pria yang biasa disapa Jamal ini melihat peluang dari makanan ringan crepes atau ada yang menyebutnya lekker yang dijual di pinggir-pinggir jalan atau di depan minimarket. “Dari melihat peluang  tersebut, maka saya berinovasi untuk mengembangkan makanan crepes dengan membuat menu baru yaitu crepes pedas dengan isian abon dan bumbu tabur varian rasa,” jelas Jamal. Mantap dengan bisnis camilan ini, maka pada tahun 2013, Jamal membuka usaha dengan nama Janggut Naga Crepes. Pemberian nama tersebut karena salah satu isiannya menggunakan abon yang bentuknya seperti jenggot atau janggut. Sedangkan naganya melambangkan rasanya. “Agar tidak bosan dengan rasa yang manis terus, kami sengaja tidak menggunakan isian seperti susu, coklat mieses, selai dan lain lain tapi menggunakan isian yang serba gurih dan pedas.”

Sejak dibuka, permintaan untuk menjadi mitra pun berdatangan. Tidak butuh waktu lama bagi Jamal untuk menjadikan usaha makanannya menjadi waralaba. “Kurang  dari 1 bulan kami melakukan tes pasar dan mendapatkan respon positif dari masyarakat, maka kami membuka kesempatan kepada masyarakat yang ingin bergabung usaha kami,” tutur penggemar kuliner ini.

Sampai saat ini sudah lebih dari 35 mitra yg tersebar di seluruh Indonesia, diantaranya di Jakarta, Bandung , Bogor, Sragen, Blora, Indramayu, Ngawi, Tangerang, Padang, Pontianak, Palembang dan kota-kota lainnya. Dengan paket investasi yang ditawarkan sebesar Rp7,5 juta, maka mitra akan mendapatkan fasilitas seperti 1 unit  buah booth, 1 unit kompor gas 2 tungku dengan regulator dan selangnya,1 unit tabung gas kosong 3 kg, 2 unit loyang crepes ukuran 30 cm, 2 unit kayu pemutar/perata adonan, 2 unit scrap stainless, 1 unit tempat cuci kayu putaran, 1 unit sendok adonan, 1 unit panci mentega, 1 unit gelas ukur, 1 unit timbangan roti, 1 unit baskom adonan, 2 unit toples tempat abon, 9 unit tempat bumbu tabor, manual SOP ( Buku Panduan ), VCD tutorial, daftar menu, 1 paket bumbu perdana, 200 pieces bungkus  kemasan, 2 unit kaos seragam karyawan, dan banner advertising. Selain itu keuntungan penjualan 100% menjadi hak mitra karena tidak ada franchisee fee dan royalty fee. Maka omzet yang didapat Rp30 sampai Rp50 juta perbulannya. “Tergantung penjualan. Semakin ramai usahanya semakin cepat balik modal, kira-kira dalam kurun waktu 6 bulan.”

Terakhir Jamal berbagi tips dalam membuka usaha sepertinya. Menurutnya untuk memulai sebuah usaha tidak harus dengan modal yang besar. “Mulai dengan apa yang kita miliki.
Segera mulai usaha dengan perencanaan yang matang. Jika terjadi kerugian jadikan sebagai pembelajaran dan pengalaman untuk membuka lagi usaha yang lebih baik.” (teks:eri/ft:dok.pri)

 

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09