× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Teknik Copywriting yang Efektif untuk Produk Anda

Majels Syahid   09 March 2018 17:05

News

Majels.com – Copywriting merupakan teknik menulis yang menargetkan agar pembaca memberikan respon yang kita inginkan. Respon yang kita inginkan tersebut seperti membeli, mendaftar, mengingat, dan tujuan-tujuan lain yang Anda inginkan. Copywriting erat kaitannya dengan dunia bisnis online dimana kita sebagai pemilik produk berusaha menyankinkan orang lain untuk membeli produk kita.

Sebenarnya, bila cukup memiliki banyak budget untuk promosi, kita bisa menyewa copywriter untuk membuat bahan promosi produk. Pilihannya, Anda merekrut orang atau menyewa freelances copywriting yang banyak tersebar di internet. Namun, tak ada salahnya bila Anda sebagai pemilik bisnis juga belajar copywriting untuk lebih menguatkan promosi produk Anda di media sosial.

Berikut beberapa teknik menulis copywriting yang bisa Anda coba.

Story Copy

Usahakan agar menyajikan promosi produk dalam bentuk cerita yang menarik dan terstruktur. Anda bisa menceritakan kisah pribadi atau kisah orang lain. Dalam teknik ini, Anda harus bisa menyampaikan dengan tulisan yang mengalir sehingga membuat pembaca akan membacanya sampai selesai. Pada ending cerita inilah, biasanya dimasukan unsur-unsur promosi yang mengarahkan orang untuk membeli produk Anda.

You And Me Copy

Buatlah konten promosi itu seolah-olah Anda berbicara langsung dengan pembeli. Kita bisa menggunakan kata-kata seperti “kamu” atau “anda” disesuaikan dengan segmentasi produk Anda. Dengan prinsip ini, pembaca bisa merasakan kedekatan dengan produk yang kita promosikan.

Hiperbolic Copy

Pada teknik copywriting jenis ini, Anda berusaha melebih-lebihkan produk Anda dibandingkan dengan produk orang lain. Teknik ini memang terbukti menarik perhatian konsumen namun bila digunakan terlalu berlebihan juga menjadi tidak baik. Konsumen sebenarnya, sudah lebih bosan dengan teknik-teknik semacam ini.

Teaser Copy

Pada teknik copywriting ini, Anda menggunakan kata-kata yang mengejek, menantang, atau membuat orang merasa diragukan dengan apa yang sudah ia pakai saat ini. Misalnya, Anda bisa memulai dengan menggunakan kalimat yang meragukan bahwa produk ayam goreng yang mereka konsumen apakah sudah higienis atau belum. Ini bisa dimungkinkan bila Anda mau menonjolkan ayam goreng jualan Anda terkenal dengan proses pembuatannya yang higienis.

Factual Copy

Factual copy mencoba menawarkan produk dengan memberikan fakta-fakta menarik, dan ilmiah mengenai suatu produk. Misalnya, Anda bisa mengatakan bahwa produk “A” telah terjual sekian ratus ribu, atau produk “B” telah lulus sertifikasi halal MUI. Bisa juga menggunakan embel-embel mengenai informasi nilai gizi. Namun, jangan coba-coba untuk mengarang sendiri, kemukakan saja fakta yang ada bila itu menarik untuk menggaet pelanggan.

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09