× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Tiga Keuntungan Mengikuti Kursus Bisnis

Majels Syahid   20 March 2018 09:22

News

Majels.com – Banyak orang yang beranggapan bahwa untuk memulai bisnis harus dengan memiliki modal terlebih dahulu. Modal dalam arti uang atau sarana yang diperlukan guna menggerakan roda bisnis. Namun, sebenarnya anggapan tersebut kurang tepat. Hal yang diperlukan untuk memulai bisnis justru adalah ilmu. Tanpa ilmu, niscaya bisnis Anda tidak akan berjalan dengan baik. Kalaupun berjalan, hanya sebatas seperti pedagang biasa saja.

Agar untuk bisa sukses, kita harus mau menginvestasikan harta dan waktu untuk mempelajari segala ilmu yang diperlukan guna menuju kesuksesan tersebut. Dalam bisnis, caranya berbagai macam, mulai dari belajar langsung dari pengusaha yang sudah lebih dahulu terjun ke dunia bisnis, ikut menjadi karyawan, belajar dari buku-buku, internet dan semacamnya. Apapun itu, kita harus mau menginvestasikan diri untuk ilmu.

Bila Anda melihat Ayam Gepuk Pak Gembus misalnya, apa yang membedakannya dengan menu makanan ayam yang lain? Menapa Ayam Pak Gembus dengan cepat membuka cabang dan franchisenya sementara ada banyak sekali warung serupa yang puluhan tahun berjualan hanya dengan satu warung. Itu karena usaha-usaha seperti Ayam Pak Gembus, menerpakan ilmu-ilmu bisnis yang benar, baik dari sisi produksi, promosi, sampai manajemennya.  

Berbicara tentang ilmu bisnis, Anda mungkin sudah tak asing lagi dengan seminar atau workshop bisnis yang banyak diselenggarakan di berbagai kota. Seminar tersebut diisi oleh pakar bisnis atau pengusaha-pengusaha sukses. Untuk mengikutinya ada yang gratis namun banyak juga yang berbayar. Sebenarnya, pentingkah mengikuti seminar bisnis sebelum yakin memulai usaha?

Untuk itu, kita perlu mengetahui apa keuntungan dan kekurangan mengikuti seminar bisnis. Berikut beberapa keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari seminar bisnis.

Ilmu Bisnis yang Tidak Diberikan Secara Gratis

Di tengah perkembangan teknologi yang semakin pesat seperti saat ini, Anda sebenarnya bisa belajar dari website, blog sampai video-video di Youtube. Namun, kendalanya adalah ilmu-ilmu tersebut disajikan secara terpotong-potong. Jarang sekali blog atau channel Youtube yang memberikan ilmunya secara runtut dan mendetail. Bahkan, dalam beberapa blog bisnis ternama, sengaja memberikan konten premium untuk artikel atau videonya.

Di seminar bisnis yang berbayar, materinya diberikan secara lengkap. Banyak “rahasia-rahasia” bisnis yang tak dibagikan secara gratis di internet. Misalnya bisnis impor barang dari luar negeri. Untuk bisa belajar mendatangkan barang dari luar negeri, mencari supplier yang dapat dipercaya, sampai mengurus perizinan impor akan lebih detail didapatkan bila mengikuti seminar.

Baca juga:

Belajar Langsung dari Pakar

Dengan mengikuti seminar bisnis, Anda akan bertemu dengan pengusaha-pengusaha yang sudah terlebih dahulu berkecimpung di dunia bisnis. Banyak dari mereka yang berkali-kali mengalami kegagalan saat berbisnis. Hal ini menjadi pelajaran penting bagi kita saat menjalankan bisnis. Dengan mengetahui lebih banyak keberhasilan dan kegagalan dalam berbisnis, kita menjadi lebih  hati-hati dalam mengambil keputusan.

Pelajaran penting yang bisa kita ambil dari pakar bisnis tersebut adalah rahasia kesukesannya. Bagaimana ia membuat dan menjalan sistem bisnisnya bisa kita curi untuk diterapkan di bisnis kita.

Mendapatkan Networking

Keuntungan lainnya saat mengikuti seminar bisnis yaitu networking. Hal ini yang mungkin tidak bisa Anda dapatkan bila hanya belajar bisnis dari buku atau internet. Jaringan pertemanan sangat penting dalam dunia bisnis. Kita bisa mengembangkan bisnis menjadi besar bila ada kerjasama antar beberapa pihak. Bisnis itu bukan sesuatu yang berdiri sendiri, ia merupakan hasil kerja dari orang-orang yang saling membutuhkan dan memengaruhi.

Saat mengikuti seminar, Anda bisa juga mencari rekan bisnis yang memiliki pemahaman dan cita-cita bisnis yang sama dengan Anda. Ada beberapa kisah sukses yang menemukan ide bisnisnya dari kenalan dengan orang lain saat mengikuti seminar. Jangan sia-siakan kesempatan mengikuti seminar ini hanya dengan mendengarkan ceramah dari pemateri, namun gunakan juga untuk menambah rekan bisnis. (teks:syahid)  

Gambar: Kompasiana

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09