× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Tips Membangun Patner Bisnis

Majels Syahid   03 April 2018 15:45

News

Majels.com – Sebuah bisnis pasti tidak dapat berdiri sendiri. Dari proses produksi sampai pemasaran kepada konsumen pasti memerlukan kerjasama dengan orang lain. Memiliki relasi bisnis yang tepat dapat menunjang perkembangan bisnis Anda. Patner bisnis bisa orang terdekat yang bersama-sama membangun usaha, atau orang lain yang datang untuk bekerjasama.

Untuk mendapatkan patner bisnis, Anda tidak bisa hanya diam dan berharap seseorang akan datang menghampiri. Patner bisnis harus dicari sendiri oleh Anda secara aktif. Pastikan bahwa orang yang akan Anda ajak kerjasama adalah orang yang punya komitmen bisnis yang sama. Keterampilan dan fokus kerja bisa saja berbeda, namun visi dan komitmen harus sama-sama dipahami sejak awal.

Patner bisnis bisa siapa saja, bisa keluarga, teman sekolah atau bahkan rekan kerja di kantor. Yang harus diperhatikan dalam mencari patner bisnis adalah apakah ia memiliki visi dan misi yang sama dengan Anda atau tidak. Banyak contoh ketika sebuah bisnis akhirnya bubar karena para pendirinya sudah tidak sevisi lagi. Hal tersebut sangat disayangkan bila sampai terjadi.

Bergabung dengan komunitas bisnis merupakan langkah penting bagi Anda untuk membangun relasi dengan pebisnis-pebisnis lain. Di forum seperti ini, Anda punya kesempatan untuk mencari patner bisnis yang relevan dengan bisnis yang sedang Anda jalani. Selain komunitas bisnis, Anda juga bisa bergabung dengan komunitas hobi yang banyak sekali muncul terutama di perkotaan.

Namun, persoalan lain datang manakala orang-orang yang berpotensi menjadi patner bisnis sudah ada. Bagaimana cara memulainya dan sebagainya. Karena itu simak beberapa tips membangun patner bisnis berikut ini.

Berikan Kesan Pertama yang Baik

Ketika kita berbicara dengan seseorang, secara tidak sadar kita mencoba untuk menyusun sekian banyak asumsi dan persepsi mengenai orang yang kita ajak bicara. Asumsi-asumsi tersebut bisa muncul dari mana saja, bisa dari pakaian  yang ia kenakan, cara berbicaranya, pilihan katanya, dan masih banyak lainnya.

Oleh karena itu, ketika Anda bertemu dengan orang lain, usahakan agar memperhatikan bagaimana cara Anda berkomunikasi dengan dirinya. Sangat penting untuk membangun impresi atau kesan yang baik kepada lawan bicara ketika pertama kali berkenalan.

Tetaplah Rendah Hati

Sikap rendah hati wajib Anda jaga ketika berbicara dengan siapapun. Meskipun Anda merupakan seorang pengusaha yang sukses misalnya, Anda sebaiknya tetap menjadi seorang yang rendah hati. Ini penting agar orang lain tetap nyaman dengan berbincang-bincang dengan Anda. Bisa jadi, seseorang memutuskan untuk tidak melanjutkan ke pembicaraan yang lebih serius karena Anda terlalu sombong.

Berbuat Baik Kepada Siapapun

Secara alami, Anda pasti ingat siapa saja yang paling berjasa dalam bisnis Anda. Apa benar? Hal itu ternyata berlaku untuk semua orang. Kebaikan Anda dan orang lain akan menjadi diri Anda yang kuat. Pada prinsipnya, bila Anda banyak berbuat baik kepada orang lain, nama Anda akan diingat oleh mereka, bahkan diceritakan kepada orang lainnya.

Hal ini secara tidak langsung member dampak positif pada citra Anda secara pribadi. Dari sinilah pintu-pintu relasi bisnis sering kali terbuka. Orang-orang baik yang tidak diduga sama sekali kehadirannya bisa datang dan bergabung membangun bisnis bersama-sama.

Jangan Lupa Beri Kartu Nama

Kartu nama mungkin bisa dikatakan sudah jadul. Namun kehadirannya masih dianggap sebagai media yang profesional dalam memberikan identitas Anda. Buatlah kartu nama yang memuat juga informasi bisnis Anda dan bagikan kepada orang-orang yang Anda anggap penting. Bisa jadi, salah satu dari orang yang Anda berikan kartu nama tersebut, akan menjadi patner bisnis di kemudian hari. (teks:syahid)

Gambar: Unplash

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09