× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Tips Membina Karyawan

Majels Syahid   27 March 2018 16:26

News

Majels.com – Ketika sebuah usaha sudah semakin besar, maka seorang pengusaha patut memikirkan untuk segera merekrut karyawan. Tujuannya, agar proses produksi atau layanan dapat berjalan maksimal dan dapat memenuhi kebutuhan konsumen dengan cepat dan tepat. Saat merekrut karyawan, kita harus hati-hati dalam memilihnya.

Karyawan merupakan orang yang akan bersentuhan langsung dengan bisnis yang Anda jalani. Kehadirannya bukan satu dua hari saja, namun akan menjadi patner mengembangkan bisnis Anda dalam waktu yang lama. Karena bersentuhan langsung dengan bisnis yang kita jalani, karyawan setidaknya mengetahui seluk beluk perusahaan. Oleh karenanya, pertimbangan pertama dalam memilih karyawan adalah seberapa dapat dipercayakah orang tersebut.

Banyak kasus-kasus yang menyebabkan kerugian yang diakibatkan oleh karyawan. Mulai dari ketidak pahaman karyawan dalam membantu bisnis kita, atau mengundurkan diri dan menjelma menjadi kompetitor, atau bahkan melakukan tindak kejahatan seperti melarikan uang perusahaan. Hal-hal tersebut disebabkan oleh sejumlah faktor, baik dari sifat dan perilaku karyawan sendiri, maupun dari kita sebagai atasannya.

Memahami bagaimana caranya membina karyawan agar bisa loyal dan bekerja secara efektif untuk Anda sangat penting bagi seorang pengusaha. Berikut ini beberapa tips dalam membina karyawan.

Memastikan Peran Karyawan dalam Perusahaan

Memastikan peran setiap karyawan merupakan langkah pertama dalam upaya membina mereka. Pastikan bahwa mereka mendapatkan hak dan kewajiban yang memang sesuai dengan tugas dan fungsinya di perusahaan.

Dengan memahami tugas dan fungsi yang diterimanya, seorang karyawan dapat berfokus membantu kelangsungan perusahaan dengan pekerjaanya. Bagi perusahaan, Anda pun bisa menilai karyawan dengan objektif karena tugas dan fungsinya sudah sama-sama diketahui antara kedua belah pihak.

Berikan Mereka Harapan

Dengan masuknya seorang karyawan baru, seharusnya bisa memberikan perbedaan di dalam kegiatan perusahaan. Perbedaan tersebut tentu saja perubahan yang positif, yang memberikan perusahaan kesempatan untuk lebih berkembang lagi.  Berikan harapan Anda kepada karyawan mengenai apa yang ingin dicapai perusahaan dengan bantuannya. Yakinkan kepadanya bahwa Ia adalah orang yang tepat untuk tercapainya target tersebut.

Dengan seperti itu, karyawan Anda akan merasa lebih dihargai dan diyakinkan bahwa ia dibutuhkan. Imbasnya, karyawan tersebut akan bersungguh-sungguh dalam mengerjakan tugasnya.

Beri Kesempatan untuk Mengembangkan Diri

Ciptakanlah suasana di dalam perusahaan Anda dengan suasana yang memungkinkan setiap orang untuk mengesah sklill mereka setiap saat. Dalam industri kreatif misalnya, setiap karyawan harus bisa belajar teknik-teknik atau teknologi terbaru dalam menciptakan sebuah karya. Di industri lain pun kurang lebih sama. Beri kesempatan kepada karyawan untuk belajar bahkan mencoba hal-hal baru yang belum ia pernah coba.

Salah satu caranya dengan melakukan pelatihan internal untuk karyawan Anda. Pelatihan bisa dilakukan ketika karyawan baru masuk atau pada sesi-sesi tertentu untuk memperbarui keterampilan mereka. Selain hard skill yang berkaitan dengan tugas pokoknya, pelatihan soft skill juga penting dilakukan. Hal itu untuk membantu mereka mengatasi permasalahan yang mungkin saja muncul dan harus ditangani sendiri.

Pemberian Bonus dan Hukuman

Pada perkembangannya, aka nada karyawan yang bisa bekerja dengan baik ada pula yang tidak. Demi memberikan rasa keadilan kepada mereka yang sudah bekerja dengan baik, maka bonus atau hadiah dan hukuman penting untuk dilakukan. Karyawan yang terbukti memberikan kinerja yang positif sebaiknya diberikan insentif gaji atau bonus-bonus tertentu. Sementara untuk yang tidak memberikan kinerja yang positif sebaiknya diberikan teguran atau hukuman.

Bonus dan hukuman tidak selalu berbentuk materi. Hal-hal sederhana seperti memberikan apresiasi di rapat umum bagi mereka yang berprestasi merupakan hadih tersendiri bagi mereka. Karyawan tentunya akan lebih semangat lagi dalam bekerja. Sementara yang lainnya menjadi termotivasi. (teks:syahid)

Gambar: carainvestasibisnis.com

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09