web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Tips Menabung Uang Gajian untuk Modal Usaha

Majels Syahid   09 July 2018 10:25

News

Majels.com – Dalam memulai usaha, modal merupakan sesuatu yang mau tidak mau harus disiapkan. Modal sendiri bisa berupa sejumlah dana atau peralatan. Banyak orang yang memilih bekerja pada sebuah perusahaan dan berkomitmen untuk berwirausaha setelah beberapa lama di tempat tersebut. Namun, mereka tak kunjung memulai bisnis lantaran modal yang tak kunjung terkumpul. Mereka gagal dalam menabung untuk modal usaha.

Lantas, bagaimanakah caranya agar kita bisa menyisihkan sebagian dari gaji untuk modal bisnis? Berikut beberapa tipsnya.

Buat Rencana Bisnis dengan Matang

Meskipun kamu sekarang masih bekerja pada sebuah perusahaan dan baru memiliki niat untuk berbisnis, ada baiknya bila kamu mulai melakukan riset pada bisnis yang kamu ingin mulai tersebut. Cobalah untuk mencari tahu, bisnis apa yang mempunyai prospek bagus, bagaimana persaingannya, modal apa saja yang dibutuhkan, peralatan apa saja, dan bagaimana segmentasi pasarnya. Dengan merencanakan sedetail  mungkin rencana bisnis, kamu menjadi punya target yang jelas untuk memulai sebuah usaha.

Beruntungnya kamu bila merencanakan bisnis pada saat bekerja di sebuah perusahaan. Karena setidaknya, kamu sedang tidak tertekan dari segi ekonomi sehingga bisa lebih leluasa untuk melakukan riset. Gunakanlah waktu libur kamu, sesekali untuk datang ke tempat-tempat usaha.

Miliki Dua Rekening

Bila sudah memiliki tujuan yang jelas, kamu tentu sudah memiliki target modal yang ingin dikumpulkan. Ada baiknya bila kamu menyimpan tabungan di rekening kedua sehingga tidak bercampur dengan rekening untuk keperluang sehari-hari. Carilah jenis rekening yang memiliki biaya administrasi rendah. Kamu bisa menyisihkan sebagian dari uang

Menabung Saat Gajian

Hal yang paling banyak disarankan oleh para ahli perencana keuangan adalah menabung di awal gajian, atau pada saat pertama kali mendapatkan uang. Selama ini, banyak dari kita yang memiliki persepsi bahwa tabungan itu adalah uang sisaan dari pengeluaran kita. Setelah dikurangi hutang, bayar tagihan dan kebutuhan sehari-hari, kita baru menyisihkan uang untuk tabungan.

Hal tersebut adalah persepsi yang salah. Menabung sebaiknya dilakukan pada awal bulan ketika gajian baru saja turun. Tentu saja besaran tabungannya disesuaikan dengan gajian kamu.

Investasi ke Reksadana

Selain menabung, para ahli perencanaan keuangan sebenarnya banyak juga yang menyanrankan agar kamu berinvestasi. Ada banyak sekali model investasi yang bisa kamu pilih salah satunya adalah reksadana. Melalui reksadana, kamu bisa menyisihkan sebagian dari gaji kamu untuk disalurkan ke instrumen-instumen investasi seperti saham, obligasi, surat utang negara, dan pasar uang. Kamu bisa menyesuaikan nominal dan lamanya menabung dengan keuntungan yang bisa diperoleh.

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Wadah Digital Untuk Mengembangkan Potensi Musisi Lokal
Syahid
19 July 2018 16:53
Majels
News
Cara Mudah Berjualan di Facebook Marketplace
Syahid
19 July 2018 10:23
Majels
News
Pelaku Usaha Sambut Positif Festival Kopi dan Kerajinan Nusantara 2018
Syahid
18 July 2018 17:37
Majels
News
Peluang Penghasilan Tambahan Menjadi Petani Hidroponik
Syahid
18 July 2018 09:21
Majels
News
Pantang Menyerah Dirikan Bisnis Batik
Syahid
17 July 2018 16:54