web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Tips Mengelola Modal Usaha

Majels Syahid   03 May 2018 15:38

News

Majels.com – Saat ini, akses mendapatkan modal usaha semakin terbuka lebar dengan banyaknya program-program pemerintah yang dapat kita akses. Akses pemodalan dari pihak bank sebenarnya tidaklah terlalu sulit bila kita memiliki ilmu yang cukup untuk mendapatkannya. Lalu, setelah mendapatkan akses permodalan tersebut, tugas kita adalah bagaimana mengelola dana tersebut dengan baik.

Cukup banyak pelaku usaha yang gagal menjalankan usaha karena tidak pandai dalam mengelola modal bisnis yang mereka terima. Atau banyak juga yang menggunakan modal bisnis yang berasal dari pinjaman tersebut secara serampangan sehingga menimbulkan masalah di kemudian hari. Untuk itu, simak beberapa tips berikut ini dalam mengelola modal usaha.

Buat Buku Catatan Keuangan

Membuat buku catatan keuangan adalah langkah pertama dan utama. Seberapa pun modal usaha yang Anda miliki, biasakan untuk mencatatnya dengan baik dan benar. Jangan biarkan ada pengeluaran atau pemasukan yang tidak tercatat dalam buku catatan keuangan Anda.

Dengan mencatat semua pemasukan dan pengeluaran usaha Anda, arus kas pun dapat dianalisasi sehingga membantu Anda dalam mengambil keputusan-keputusan bisnis.

Jangan Gunakan Pinjaman Modal Bisnis untuk Keperluan Pribadi

Aturan kedua yang wajib Anda taati yaitu jangan menggunakan modal usaha yang Anda terima dari pinjaman untuk kebutuhan yang sifatnya konsumsi pribadi. Hindari untuk menggunakan uang tersebut meski sedikit.

Ingat, tujuan Anda dalam meminjam uang tersebut adalah untuk melakukan pengembangan usaha, bukan untuk keperluan pribadi. Hal ini bisa menjadi pemicu masalah di kemudian hari.

Gunakan untuk Keperluan yang Produktif

Sebelum meminjam modal ke bank atau institusi lainnya, Anda wajib untuk menghitung alokasi biaya yang Anda gunakan. Gunakan modal tersebut untuk kepentingan yang benar-benar produktif. Tidak untuk hal-hal yang sebenarnya masih kurang Anda perlukan. Buatlah skala prioritas anggaran untuk pengembangan bisnis Anda.

Misalnya, Anda meminjam modal agar bisnis Anda dapat memproduksi barang dua kali lipat lebih banyak daripada sebelumnya. Atau Anda juga bisa menggunakan untuk membeli mesin produksi yang dapat memperlancar usaha Anda.

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09