web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

Lifestyle

Tips Optimalisasi Webiste untuk Tingkatkan Konversi

Majels Syahid   19 April 2018 16:20

How To

Majels.com – Bagi Anda pelaku bisnis online, terutama yang sudah menggunakan website sebagai toko online Anda, mungkin sudah tidak asing lagi dengan istilah konversi. Konversi secara sederhana dapat diartikan sebagai tindakan yang kita harapkan dari pengunjung website kita. Tindakan tersebut dapat berupa membeli produk, mendaftarkan diri, atau sekadar menuliskan alamat email.

Konversi atau yang disebut juga sebagai Goal Conversion dapat diartikan sebagai tujuan bisnis kita. Saat pengunjung datang ke suatu website, tujuan mereka beragam, ada yang memang ingin membeli, hanya melihat-lihat atau sedang membandingkan harga dari produk serupa yang mereka temukan di internet.

Sebagai seorang pelaku usaha, kita sebaiknya melakukan cara-cara yang diperlukan untuk mencapai konversi tersebut. Sebelumnya, tentukan terlebih dahulu konversi apa yang ingin Anda capai? Apakah Anda ingin mendapatkan order? Atau mengumpulkan list email? Menentukan tujuan penting agar Anda dapat menentukan langkah-langkah yang tepat.

Buat Website yang User Friendly

Syarat pertama agar sebuah website dapat menghasilkan konversi adalah website yang mudah digunakan, enak dipandang, dan terlihat profesional. Fokuslah untuk menampilkan apa yang terpenting dari tujuan bisnis Anda, hilangkan segala hal yang mungkin saja menggangu pengunjung yang masuk.

Gangguan tersebut bisa berupa background website yang terlalu mencolok sehingga teks tidak terbaca dengan baik. Ini adalah kesalahan yang kerap dilakukan oleh pemilik usaha yang tidak memahami dasar-dasar estetika desain. Di era modern seperti saat ini, orang-orang cenderung menyukai desain yang simpel, tidak membuat sakit mata karena semua hal terlihat mencolok.

Gangguan lain bisa saja muncul dari banyaknya Call to Action (CTA) yang muncul di website Anda. Call to Action merupakan kata-kata yang diciptakan untuk mendorong pengunjung untuk membeli produk Anda. Misalnya, “Pesan Sekarang”, “Daftar Sekarang” dan sebagainya. Kata-kata ini memang diperlukan namun bila dilakukan secara berlebihan, ini akan membuat pengunjung Anda malas untuk melanjutkan.

Bicarakan Manfaat

Tujuan membuat website memang untuk menarik sebanyak-banyaknya orang untuk membeli produk Anda. Namun, sangat penting juga untuk memberikan konten-konten bermanfaat kepada pengunjung yang datang. Ada asumsi yang cukup radikal dalam hal ini, yaitu dengan memberikan 80% konten yang menyangkut informasi-informasi kepada konsumen dan 20% tentang profil perusahaan atau produk.

Informasi ini memang cukup efektif untuk menangkap pengguna internet agar masuk dulu ke website Anda. Sebuah website penjual bakso kemasan misalnya, bisa menyediakan satu rubric khusus yang membahas jenis-jenis bakso, manfaat yang terkandung di dalamnya dan sebagainya. Bahkan di luar itu juga boleh, misalnya tips berbisnis. Intinya, upayakan agar calon konsumen Anda mendapatkan sesuatu dari Anda, meskipun itu sebagian kecil saja.

Dipadukan dengan teknik-teknik SEO, orang diarahkan untuk masuk ke website Anda karena menemukan informasi yang relevan dengan apa yang mereka cari. Kemudian, setelah mendapatkan informasi tersebut, mereka secara tidak sengaja akhirnya masuk dan mengenal produk yang Anda jual.(teks:syahid)

Gambar: https://www.maxmanroe.com

 

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09