web counter
× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

Lifestyle

Tuntutan Inovasi dalam Dunia Bisnis

Majels Syahid   06 July 2018 10:07

News

Majels.com – Dunia bisnis adalah dunia yang dinamis. Setiap hari selalu ada saja tantangan yang harus kita taklukan. Bila ada anggapan bahwa menjadi pengusaha itu menyenangkan karena memiliki freedom of time, itu tak selalu benar. Justru, dengan menjadi pengusaha hampir 24 jam waktu kita bisa tersita karena memikirkan bagaimana agar perusahaannya dapat terus tumbuh.

Di dunia bisnis, orang tidak boleh berhenti, harus terus bergerak untuk mengikuti perkembangan zaman. Setiap pengusaha dituntut agar bisa membuat produknya bertahan menyesuaikan zaman. Mereka terus memikirkan inovasi apa yang bisa dilakukan. Mungkin kamu pernah mengenal produk handphone Nokia, atau barangkali menjadi salah satu penggunanya.

Nokia, yang saat itu menguasai pangsa pasar telepon genggam, bisa jatuh digantikan oleh produk-produk lain yang menggunakan sistem operasi Android. Banyak pihak menuding bahwa kejatuhan Nokia disebabkan karena lambatnya mereka dalam menyesuaikan diri dengan sistem operasi yang berkembang pesat saat itu.

Apa yang terjadi pada Nokia kemudian bisa menjadi inspirasi bagi banyak pengusaha. Di era sekarang, ketika internet menjadi bagian kehidupan sehari-hari, maka penting bagi banyak perusahaan atau pelaku usaha kecil untuk “go online.” Era sekarang adalah saatnya untuk memasarkan produk seluas-luasnya melalui internet.

Dari sisi produk, inovasi juga wajib dilakukan dengan berbagai cara. Kemasan menjadi salah satu hal yang mulai diperhatikan oleh banyak pelaku usaha kelas menengah. Mereka sudah menyadari bahwa untuk menjangkau pasar ritel, maka dari mulai kemasan harus mulai berbenah. Kemasan tidak lagi dipandang sebagai pembungkus semata tetapi sudah menjadi upaya branding bagi produk-produk UKM.

Sementara itu, ada beberapa produk yang memang sudah tak mengalami banyak perubahan lagi. Maka inovasi yang dilakukan biasanya dilakukan dari segi pemasarannya. Produk air mineral misalnya. Tentu, secara isi air mineral tidak akan mengalami perubahan. Namun, mereka melakukan inovasinya dari sisi bentuk botolnya, tampilan dan sebagainya. Itu dilakukan agar produknya terus diingat dan bersaing dengan produk sejenis. (teks:syahid)

Gambar: appsterhq.com

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Wadah Digital Untuk Mengembangkan Potensi Musisi Lokal
Syahid
19 July 2018 16:53
Majels
News
Cara Mudah Berjualan di Facebook Marketplace
Syahid
19 July 2018 10:23
Majels
News
Pelaku Usaha Sambut Positif Festival Kopi dan Kerajinan Nusantara 2018
Syahid
18 July 2018 17:37
Majels
News
Peluang Penghasilan Tambahan Menjadi Petani Hidroponik
Syahid
18 July 2018 09:21
Majels
News
Pantang Menyerah Dirikan Bisnis Batik
Syahid
17 July 2018 16:54