× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

Economic

Upaya Pemerintah Menjaga Harga Pangan

Majels Yani   06 February 2017 15:02

News

majels.com - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Darmin Nasution mengadakan rapat koordinasi bersama instansi terkait membahas stok bahan pangan sepanjang 2017. Dilansir dari situs siaran pers, beberapa instansi terkait yang ikut serta pada rapat koordinasi, Rabu, 1 Februari 2017 di Jakarta, yaitu Kementerian Pertanian, Kementerian Perdagangan, Kementerian BUMN, Kementerian Perindustrian dan Perum Bulog.

Rapat koordinasi ini dihadiri Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman, Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita, Menteri BUMN Rini Soemarno, Menteri Perindustrian Airlangga Hartanto, dan Direktur Perum Bulog Djarot Kusumayakti.

Darmin mengatakan rapat koordinasi ini merupakan bentuk upaya pemerintah untuk menjaga ketersediaan dan melindungi gejolak harga pangan di 2017. Pada rapat kali ini dibahas secara khusus komoditas beras dan gula.

Menko Bidang Perekonomian ini menyatakan harga beras sama sekali tidak (naik). Sedangkan daging agak bertahan tinggi, kenaikan yang terjadi tidak terlalu banyak. Meskipun harga dianggap mulai bergerak turun, dalam jangka pendek, pasokan harus terus dinaikkan lagi. Pemerintah akan terus mencari cara agar harga pangan bisa dikendalikan dan sesuai degan target pemerintah.

Di samping itu, pemerintah akan berupaya memperbaiki irigasi yang rusak dan membangun embung sebanyak mungkin di perdesaan. Pemerintah akan membangun jejumlah embung dan irigasi yang diharapkan mampu mengairi lahan seluas 100–200 hektare.

"Persoalan kita saat ini adalah irigasi," ujar Darmin. Ia juga mengatakan bahwa pemerintah lebih fokus membangun sejumlah embung dibandingkan bendungan besar. Menurutnya, bendungan besar dengan biaya yang mahal dampaknya akan sangat lama untuk sampai ke hasil panen.

Pemerintah juga akan berusaha membangun lumbung-lumbung desa dan memperbanyak pengadaan pengering atau dryer, untuk menjaga stok pangan nasional. Dengan demikian, hasil panen dapat disimpan untuk jangka waktu yang lebih lama.

Mengenai gula, pada Januari 2017, Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik telah merealisasikan pembelian gula dari PTPN XIV sebesar 26.500 ton dan penjualan 20.983 ton. Stok yang dimiliki Bulog hingga akhir Januari mencapai 264.623 ton. Bulog berencana menambah persediaan hingga mencapai 653.261 ton untuk memenuhi kebutuhan gula konsumsi hingga Juli 2017. (teks: yani)

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Yani

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09