× NEWS POLLING HOW TO EVENTS FRANCHISE
Majels

News

Yuk Kenali Risiko Bisnis Kuliner

Majels Syahid   27 March 2018 11:33

News

Majels.com – Bisnis kuliner memang merupakan bisnis yang menggiurkan dan tak pernah ada matinya. Bisnis ini mampu memberikan keuntungan yang besar bila digarap dengan baik. Ada beberapa faktor yang menyebabkan kuliner akhirnya menjadi pilihan banyak orang sebagai lahan bisnis, bahkan untuk pengusaha pemula.

Pertama, karena kuliner merupakan kebutuhan setiap orang. Setiap orang dan setiap harinya perlu makan dan minum. Dengan jaminan permintaan yang terus ada seperti itu, berarti market pasar untuk bisnis kuliner sudah ada. Kedua, kuliner sekarang sudah tak sekadar untuk memenuhi kebutuhan saja, namun sudah mengarah ke lifestyle atau gaya hidup. Masyarakat selalu dibuat penasaran untuk mencoba seiring dengan munculnya produk-produk kuliner baru.

Jadi, selain sebagai kebutuhan, kuliner juga menarik dari segi pasar karena sudah menjadi lifestyle. Namun, meskipun potensi usahanya menarik untuk dicoba, bisnis kuliner juga menyimpan segudang risiko. Bisa saja, risiko tersebut bila tidak ditanggulangi dengan baik akan menyebabkan kerugian. Tidak sedikit cerita-cerita pelaku usaha kuliner yang terpaksa gulung tikar dalam usia bisnis yang relative masih “belia”.

Apa saja risiko-risiko yang muncul pada bisnis kuliner? Simak pembahasannya berikut ini.

Jadi Korban Tren Pasar

Banyak pengusaha pemula yang tertarik dengan bisnis kuliner lantaran menu tertentu atau minuman tertentu sedang menjadi tren di masyarakat. Ada yang membeli franchise, ada pula yang membuat sendiri dengan modal dan riset sendiri. Sayangnya, ketika ia memasuki bisnis makanan atau minuman tersebut, trennya justru menurun. Akibatnya, ia kesusahan dalam mengembangkan bisnisnya itu.

Risiko semacam ini kerap dialami oleh pelaku bisnis kuliner. Di sinilah pentingnya melakukan riset dan perhitungan-perthitungan sebelum memulai usaha. Tren bisnis yang terjadi di masyarakat, utamanya produk kuliner seringkali tidak bertahan lama. Namun, ada juga produk-produk tertentu yang bisa survive meskipun trennya sudah berlalu.

Tidak ada salahnya mengikuti bisnis kuliner yang sedang tren di masyarakat. Yang perlu menjadi perhatian adalah bagaimana caranya mengembangkan produk dan strategi pemasaran agar berkelanjutan, paling tidak menambah masa product life cycle.

Salah Menentukan Harga

Pada bisnis kuliner cukup banyak variabel yang harus masuk sebagai dasar perhitungan untuk menentukan harga jual. Variabel tersebut baik dari bahan baku makanan atau minumannya itu sendiri, atau variabel lain seperti sewa tempat dan sebagainya. Kesalahan yang sering terjadi adalah kurang tepatnya menghitung harga jual produk sehingga menimbulkan kerugian bagi usaha.

Kesalahan juga muncul akibat mematok harga yang terlalu tinggi. Misalnya karena desain outletnya menarik, seorang pengusaha mematok harga jual menu yang tinggi. Padahal, selain desain outlet yang menarik, segmentasi dan daya beli pasar di sekitar lokasi usaha juga wajib masuk dalam perhitungan. Bila outletnya bagus namun daya beli di sekitarnya cukup rendah sama saja tidak berguna.

Lokasi yang Ternyata Tak Strategis

Pemilihan lokasi yang tepat sangat berpengaruh dalam suksesnya bisnis kuliner. Apalagi, produk kulinernya tersebut bukanlah produk yang familiar di masyarakat. Memang, bila produknya sudah terkenal enak rasanya, konsumen pun akan mencari di mana outlet tersebut berada. Lokasi outlet yang tidak tepat bisa jadi menjadi faktor dari kegagalan bisnis kuliner Anda.

Selain itu, kegagalan bisa juga disebabkan karena di lokasi tersebut sudah ada produk makanan yang sejenis, atau merupakan saingan produk Anda. Hal ini sering juga dialami oleh pelaku bisnis franchise akibat franchisornya terlalu rakus menerima mitra baru sampai lupa mengukur jarak ideal antar outletnya. (teks:syahid)

Gambar: Tribunnews

 

 

Share this post to your friends
Majels    Majels    Majels   

Majels
Syahid

Leave Comment

RECENT ARTICLE
Majels
News
Tingkatkan Penjualanmu di Bukalapak dengan Fitur Bukaiklan
Syahid
09 May 2018 17:46
Majels
News
Tips Menggunakan Layanan Kirim Barang Dengan Benar
Syahid
09 May 2018 13:58
Majels
Economic
Tania Jean Winarti, Raup  Untung Juta dari Inovasi Nasi Uduk
Syahid
09 May 2018 09:21
Majels
News
Mengenal Apa Itu Konsep AIDA dalam Pemasaran
Syahid
08 May 2018 15:30
Majels
News
Peluang Usaha Makanan Sehat
Syahid
08 May 2018 13:09